top of page
  • articleblog100

Seminar ATPW 28 Juli 2010 ITS Surabaya

Sesuai dengan janji saya, Fuuhhh

Alhamdulillah, seminar di ITS tanggal 28 Juli berjalan lancar. Cuman ngantuknya bukan maen.wkwkwkwkwk. Apalagi waktu pak Ir.Ismanto,Msc selaku staf ahli KementrianPU bidang keterpaduan pembangunan dan Pak Suji selaku kabid Bappeda Provinsi Jatim mempresentasikan power pointnya,.wkwkwkwk.(ampun pak)


Gambar persiapan seminar

Oke, langsung saja. Saya ucapkan Terima kasih yang sebesar-besarnya pada

  1. Tuhan YME

  2. Orang tua saya

  3. dan Mas Tatas , dosen d3 ftsp ITS, tanpa mas Tatas saya tidak akan sampai ke ITS menur, mungkin kesasar.hehe. Dan berkat mas Tatas saya dapat mengikuti presentasi pemakalah untuk konsentrasi PSDA. Terima kasih.

Langsung saja

Sambutan pertama oleh Rektor ITS, waw, ,Humoris banget orangnya Cuy, n karismatik ( menurutku). .wkwkwk. Pak Rektor ini gak mau kalah, karena temanya tentang teknik sipil, sedikit perkataan pak rektor mengulas tentang Perkerasan jalan beton, dengan slab beton precast (pratekan). menyebabkan slib pada Wetsnya ( Wets apa ya ???aku g tau .hehe). Lalu juga tiang pancang dengan diameter 1000 mm ( sama dengan 1 meter) ckckck.( kira-kira hammer nya seberapa ya ???wkwkwk). Pak Rektor lalu meresmikan bahwa Seminar ATPW ini telah di buka, karena adanya seminar nasional tentang nuklir bersamaan dengan seminar ini, maka sekian sambutan rektor.Dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan ftsp d3 ITS.

Eiittzzz, sebelum masuk ke pembicara pertama, nih anak-anak d3 ftsp ITS, ternyata praktek membuat paving dan tralis sendiri lhoo. . . neh selengkanya :

Praktek kerja baja ( membuat tralis)

  1. Pengukuran bingkai : maksudnya kita ngukur kira-kira tralisnya mau dipasang horisontal kusen apa vertikal.

  2. Pengukuran pelat baja

  3. Pemotongan pelat baja

  4. Pekerjaan gerenda

  5. Pekerjaan perakitan

  6. Pekerjaan pengelasan

  7. Pekerjaan pemasangan

Pekerjaan membuat Batako & Paving (tanpa semen)

  1. Bahan : Batu pecah 0,5 cm ; Pasir ; Abu batu

  2. Alat : Dolak ; Matras cetakan batako ; Matras cetakan paving

  3. Valet paving/batako

  4. 1 set mesin paving batako

gambar bahan-bahannya dulu ya


nih hasilnya :


Gambar paving tanpa semen


Gambar Detail Tulisan di atas

wetz tunggu dulu, ada juga batako 60% campuran kulit kerang, .wkwkwk .lucu ya, nih tak kasi liat fotonya


Gambar batako 60% kulit kerang

season 1

by

AP.Ir.Dr.Muhd Fadhil Nuruddin

Universitas Teknologi Petronas, Malaysia

Begini cuy, berhubung beliau mempresentasikan with english dan makalahnya juga english too. hoho

, saya ya mudeng gak mudeng gitu. .hehe. Yah, sepenangkapan saya dari pembicaraan dan presentasi beliau .

  1. Bahwa di dunia ini sengguh sangat rentan dengan polusi global, salah satu penyebab polusi global adalah dengan pembakaran dalam pembuatan semen.Kita tahu bahwa beton sekarang digunakan dimana-mana di seluruh dunia untuk pembangunan.

  2. Atas permasalahan di atas pak Muhd ini memberikan suatu bahan pengganti semen yaitu, fly ash (abu terbang), silica fume , Rice Husk Ash ( dari nama rice : nasi ).

  3. Membahas tentang kandungan lumpur lapindo oleh tim teknik sipil Universitas teknologi Petronas , telah mengambil sample dari lumpur tsb. Dan setelah di tes lumpur tersebut mengandung zat kimia semen, yaitu Silisium. Setelah dilakukan pemrosesan beton dengan unsur utama lumpur lapindo pada umur 28 hari lebih kuat daripada lumpurl-lumpur  biasa

  4. Aplikasi Green concrete ( beton hijau ), yang dimaksud disini bukan beton diberi pewarna hijau, tetapi dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan. Contoh : Atap sebuah gedung adalah padang rumput.

  5. dll

untuk lebih jelasnya dapat download makalah seminar utama di bagian akhir artikel ini !!!

Session 2

M.Sigit Darmawan

Dosen Program Diploma Teknik Sipil ITS Surabaya

Membahas tentang korosi pada beton akibat terkena udara/air laut. Pertama udara/air laut mengenai beton, lalu beton(cover tulangan ) terkelupas, akhirnya mengenai tulangan , tulangan jadi korosi dan kuat beton menurun dan dapat mengalami keruntuhan.

sebab terjadinya korosi pada tulangan beton

  1. Rendahnya kualitas pekerjaan beton, menghasilkan beton yang tidak padat (poreus)

  2. Ketebalan selimut ( cover ) tulangan tidak memenuhi persyaratan teknis.

  3. dll

Session 3

Ir.Wilfred A

Direktur Utama Wijaya Karya

waduh baca ndiri wae lah makalahnya

oke2. . . .

bis Pak Wilfred dilanjutkan oleh Pak Isanto perwakilan dari Kementrian PU karena Sekjen PU nya berhalangan hadir dan Pak Suji perwakilan dari  gubernur jatim karena pak gubernur juga berhalangan hadir.


Nih, isi dari seminar nya

download disini

Lanjutan

setelah seminar utama tersebut selesai dilanjutkan dengan isoma (istirahat,shalat, makan) lalu ada pembagian kelas-kelas nih, untuk para pemakalah mempresentasikan makalahnya.

Pada kelas ini dikelompokkan, misal ruang 1 untuk kelas bangunan struktur, kelas 2 untuk bidang sipil keairan, 3 untuk bidang manajemen konstruksi dan masih banyak lainnya.

Berhubung saya tertarik dengan dengan yang berair ( wkwkwkk) ya saya masuk di ruang 2 untuk sipil keairan.Kalo gak ada mas tatas saya gak jadi masuk kayaknya, karena rata-rata pemakalah udah s2 cuy, wkwkwkwk

Mudeng g mudeng, para pemakalah rata-rata sudah s2 cuy, wkwkwk. belum mengerti apa yang mereka bicarakan, tapi gak papa, tambah-tambah teman dan pengetahuan. Untung ada mas Tatas dosen d3 ftsp yang berada di sebelah saya, jadi saya tanya aja kalo gak mudeng.wkwkwkwk. Maksih ya mas Tatas.

Udah, ni langsung download aja contoh makalah kemarin untuk semua bidang :

Ups, ternyata makalahnya mau di upload lama banget,

udah yang mau ntar nge e-mail aku aja ya Mbex_funlove@yahoo.com

ntar tak kirim,

see ya

Sipil Indonesia Jaya

0 views0 comments

Comments


bottom of page