top of page
  • articleblog100

Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami – Sekolah agama di Leuwiliang, Jawa Barat

Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami – Sekolah agama di Leuwiliang, Jawa Barat


Inilah lokasi alamat Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami – Sekolah agama di Leuwiliang,Jawa Barat..

Alamat Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami – Sekolah agama di Leuwiliang, Jawa Barat

Ponpes ummul Quro al-islami adalah di Jl.. Moh Noh Noer Rt..004/004 Kp.. Banyusuci,, Desa,, Leuwimekar,, Kec.. Leuwiliang,, Bogor,, Jawa Barat 16640

Bagi anda yg mencari ponpes terdekat di wilayah leuwiliang Bogor,,Tak ada salahnya mengunjungi Ponpes ummul Quro leuwiliang Bogor ini..


Pondok Pesantren Ummul Quro Al-Islami adalah lembaga pendidikan deungan menggunakan sistem asrama.. Pendiri (kiayi),, dewan guru dan Jg para santri belajar dan Jg bermukim didi dalam pesantren deungan nuansa kekeluargaan.. Seluruh insan pesantren dapat berhubungan dan Jg berkomunikasi langsung selama 24 (dua puluh empat jam),, baik antara guru deungan kiayi,, murid deungan guru,, dan Jg sebaliknya..


Di tinjau dari segi historis,, Ummul Quro didirikan pada tanggal,, 1 Muharram 1414 H/21 Juni 1993 M.. Di Kampung Banyusuci,, Desa Leuwimekar,, Kecamatan Leuwiliang,, Kabupaten Bogor,, Jawa Barat.. Lalu tanggal ini dikenang sebagai tanggal peletakan batu pertama pondok.. Setelah satu tahun,, Ummul Quro kemudian beroperasi sebagai lembaga pendidikan dan Jg pengajaran,, tepatnya pada tanggal,, 10 Juli 1994 M..

Dari tanggal inilah Ummul Quro mulai mengemban tugas mulia melaksanakan pendidikan dan Jg pengajaran deungan bermodalkan “Bismillah dan Jg Lillahi ta’alla” bersandar dan Jg hanya memohon pertolongan dari Allah semata..

STATUTA SINGKAT

Ummul Quro Al-Islami adalah lembaga pendidikan lanjutan tingkat pertama dan Jg tingkat menengah yg berbasis dan Jg berbentuk Pondok Pesantren,, deungan masa belajar 6 tahun bagi mereka yg tamatan SD/MI (program biasa),, dan Jg 4 tahun bagi tamatan SLTP/MTs dan Jg SLTA/MA (program khusus) UQI dikelola oleh Yayasan Pondok Pesantren Ummul Quro.. Jika dilihat dari jenjang pendidikan yg berlaku,, UQI sangat identik deungan pendidikan SLTP/MTs atau SLTA/MA.. Namun ada beberapa perbedaan yg mendasar antara UQI deungan lembaga-lembaga tersebut.. Diantaranya :

1.. Selain nilai-nilai keislaman dan Jg keindonesiaan,, UQI Jg berlandasan dan Jg mengacu pada nilai-nilai kepesantrenan dan Jg kejuangan..

2.. Seluruh santri UQI wajib mukim (berdiam) di di dalam pondok di dalam suasana yg Islami,, Tarbawi,, Ma’hadi.. Demikian Jg guru-guru UQI,, semuanya mukim di di dalampondok,, kecuali sebagian kecil dari mereka,, karena adanya kendala-kendala teknis..

3.. Sejak dini,, kepada para santri UQI telah ditanamkan pengertian yg sebenarnya tentang tholabul ilmi menurut pandangan Islam,, terutama yg menyangkut motivasi atau niat di dalam menuntut ilmu..

4.. Pendidikan dan Jg pembudayaan lebih dipentingkan dari sekedar pengajaran,, sehingga keteladanan dan Jg disiplin menjadi urat nadi kehidupan sehari-hari..

5.. Proses pendidikan dan Jg pengajaran berlangsung secara terencana dan Jg terus-menerus selama 24 jam deungan penekanan khusus pada upaya taffaquh fid-din (memperdi dalam pemahaman tentang agama),, yaitu deungan memberikan bekal-bekal dasar keulama’an/Kecendikiaan,, kepemimpinan dan Jg keguruan,, di dalam rangka mencetak kader-kader mundzirul qoum (pemimpin umat)..

6.. Tahun pelajaran baru di UQI dimulai pada bulan Juli dan Jg berakhir pada bulan Juni setiap tahun deungan sistem semester,, dan Jg libur 2 kali di dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan Jg bulan Ramadhan..

7.. Arah pendidikan UQI tidak semata-mata bersifat vertikal (untuk melanjutkan jenjang yg lebih tinggi),, tapi Jg mempersiapkan santri untuk bisa langsung terjun kemasyarakat deungan mengamalkan dan Jg mengembangkan bekal-bekal dasar yg dimiliki.. (karena itu tidak ada istilah “ngangggur” bagi alumni UQI..

8.. Setelah menyelesaikan studinya di kelas VI (enam) dan Jg sebelum melanjutkan kejenjang pendidikan tinggi,, para alumni wajib mengabdi selama 1 tahun di lembaga-lembaga pendidikan yg ditunjuk atau dipilih,, deungan observasi dan Jg evaluasi yg terus menerus dari Biro Pembinaan dan Jg Pengembangan Alumni Pondok Pesantren Ummul Quro Al-Islami..

3 views0 comments

Comments


bottom of page